Posted in just write

Blue Print Masa Depan

Berapa hari yg lalu saya menonton film berjudul Inside Llewyn Davis. Cerita perjuangan seorang musisi bernama Llewyn Davis sekitar tahun 1961. Tak  mudah baginya diakui sebagai musisi karena pada masa itu musik folk hanya dianggap lagu tradisional dan mereka yang memainkannya tak disebut sebagai musisi. Sebenarnya cerita film ini memang terinspirasi dari seorang musisi folk bernama  Dave Van Ronk. Oke, saya tak akan bercerita tentang sinopsis film ini. Tapi satu part dalam film ini menggelitik saya. Ketika Llewyn Davis bertemu Jean di sebuah cafe dan mereka berdebat tentang masa depan. Jean meragukan masa depan Llewyn Davis karena ketidak berhasilannya menjadi musisi saat itu dan keadaannya yang miskin karena albumnya tak kunjung dirilis. Hidupnya berantakan, bahkan untuk tidurpun dia harus menumpang dari rumah satu teman ke rumah teman yang lain. Tapi kemudian Llewyn Davis berkata di tengah perdebatan mereka, “..no, you are fucked up. Try to make a blue print of your life..”

20140228-172750.jpg

Disini saya tergelitik. Ya, ketika kita mencoba berencana dan menjadikannya sebagai blue print hidup kita, maka kita tak akan pernah berhasil. Karena kita hanya manusia, bukan Tuhan. Bagaimana kita menjamin bahwa setiap titik masa depan akan selalu berjalan sesuai blue print kita? Sedangkan Tuhan berkuasa Di Atas sana, mengatur kita yang hanya makhluk rendahanNya.

Beberapa orang mungkin akan mati-matian membuat hidupnya sesuai dengan blue printnya. Melupakan kenyataan bahwa dia hanya bisa berencana. Mereka dengan sombongnya melupakan posisi Tuhan yang bisa berkehendak apapun. Mereka akan mengeluh dan mungkin akan mencaci Tuhannya ketika rencananya tak berjalan sesuai blue printnya. Atau mungkin akan ada yang takut melangkah. Meragukan setiap masa depan orang bahkan dirinya sendiri, lalu berhenti di titik aman hari ini. Tak berani mengambil resiko dan merasa lebih baik jika dia menikmati zona nyamannya daripada mencoba berencana.

Jadi, yang manakah kalian? Manusia pembuat blue print atau manusia dengan sejuta rencana?

Author:

dreamer. strange. different.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s