Posted in just write

Pregnant!

Sebenarnya sebelum tulisan ini dibuat, saya pernah menulis ketika saya ditanya bertubi-tubi “kapan hamil?”.
Ya, ini salah satu pertanyaan bodoh yg ditanyakan pada manusia. Kenapa? Ya karena tak ada manusia yg akan tau jawabannya. Seperti pertanyaan “kapan mati?”.
Berbeda dgn pertanyaan “sudah hamil belum?”. Nah ini saya masih bisa menjawab. Walau cukup membuat stress karena saya dibuat lelah menjawab pertanyaan yg sama.
Tapi ya begitulah kehidupan. Ritmenya sudah dikenal begitu-begitu saja. Sekolah – kuliah – lulus – kerja – nikah – hamil – punya anak – anak nikah – punya cucu – punya cicit – mati. Setiap fase itu pasti ditanya “kapan ….?”.
Coba ingat-ingat sumpeknya ditanya “kapan lulus?” atau “kapan nikah?”.
Atau coba bayangkan ketika kita ditanya “kapan mati?” Mau jawab apa?

Saya tak begitu suka ditanya dgn pertanyaan-pertanyaan itu. Jadi saya jg tak suka bertanya hal serupa. Tak semua orang suka diungkit masalah kehidupannya. Percayalah.

Oke akhirnya saya sampai ditahap hamil. Ya, akhirnya saya hamil! Setelah ada orang yg melontarkan pernyataan semacam “ya susah lah kalau udah keenakan jadi wanita karir ya, pasti mentingin kerjanya dulu. Bukan punya anak dulu.”
Dan ini adalah salah satu pernyataan yg membuat saya heran. Ada jg yg menyamaratakan bahwa semua wanita karir adalah wanita yg tak mau punya anak. Ini lucu. Sungguh.
Wanita mana yg tak mau punya anak? Apalagi dikalahkan hanya karena urusan pekerjaan. Kemana nalurinya sebagai wanita?
Dan keesokan harinya, setelah saya telat mens 1 minggu dan mual-mual beberapa hari terakhir, pernyataan itu terbalas dgn test pack dgn hasil positif. Senang? Tentu!

Jadi ini pengalaman hamil saya yg pertama. Deg-degan dan sempat bingung jg apa yg harus dilakukan terlebih dahulu setelah tertawa dan tak bisa tidur. Setelah telepon keluarga sana-sini, beberapa hari kemudian saya memutuskan untuk ke dokter kandungan. Mengingat riwayat ibu saya yg pernah keguguran 2x, saya tak tau apakah itu bisa jadi faktor genetik yg menurun atau tidak. Setelah saya periksa, dokter menyatakan saya sudah hamil 5 minggu! Dan minggu selanjutnya saya harus bed rest karena ternyata kandungan saya lemah. Dengan bekal obat penguat kandungan dan doa, saya yakin kami bisa bertahan.

Sekarang, 1 minggu setelahnya saya merasa hamil adalah seru! Kenapa? Tiap hari selalu saja ada hal-hal lucu yg terjadi seiring pertumbuhan janin di rahim saya. Sesekali saya akan mual. Besoknya saya akan kembung parah. Besoknya saya kekenyangan sampai malam karena makan siang terlalu banyak. Lalu susah buang air besar. Belum perut bawah yg nyeri karena benda asing baru yg tumbuh di dalam tubuh dan punggung yg ngilu. Lalu besoknya saya lemas dan pusing. Lalu apa lg besok?
Semua syndrome awal kehamilan ini seperti surprise, dan saya menikmati kejutan-kejutan ini. Ahaha

Saya berbicara dgn diri sendiri. Hamil itu adalah rejeki luar biasa. Mengandung anak kita sendiri. Lalu jika kita mengeluh selama hamil, tidakkah kau ikhlas menjadi orang tua? Ini anakmu sendiri dalam perutmu, lalu kau mengeluh begini dan begitu. Karena hamil tak bisa ini atau itu.
Bukankah hidup itu berfase? Nikmati sajalah setiap rasa sakit itu. Toh itu proses menghapus dosamu, karena ketika kau melahirkan anakmu nanti kau akan sama sepertinya. Lahir kembali bersih tanpa dosa. Kesempatan me-restart hidupmu kembali saat kau menjadi ibu.

Selamat hamil ibu-ibu muda diluar sana. Mari kita berjuang karena Tuhan sudah menaikkan ke level selanjutnya ketika kita sudah dipercaya membawa makhluk ciptaanNya di perut kita ini.

Author:

dreamer. strange. different.

2 thoughts on “Pregnant!

  1. Hallo mb fin.. apa kabar ?
    Alhamdulillah aku ada di fase ini mbak sekarang..
    Dan tulisan “Nikmati sajalah setiap rasa sakit itu. Toh itu proses menghapus dosamu, karena ketika kau melahirkan anakmu nanti kau akan sama sepertinya. Lahir kembali bersih tanpa dosa. Kesempatan me-restart hidupmu kembali saat kau menjadi ibu” ngena banget mbak๐Ÿ™‚

    Semoga mb fin dan keluarga selalu sehat dan happy ya … :*

Leave a Reply

