Posted in just a story, just write, me and camera

Tuesday’s take a walk : Foto Istimewa

Selasa kemarin aku menunjungi salah satu studio foto di daerah Kebayoran Lama. Bagi pecinta fotografi analog di Jakarta mungkin tempat ini sudah tak asing. Studio Foto Istimewa.

Entah sudah berapa tahun gedung itu dibangun. Ruko 3 lantai. Tampak lusuh, catnya memudar, tercoreng debu dan karat. Cat tembok dan plafondnya tak lagi putih, bahkan lampu sekian watt berapa buah tak membuatnya benderang lagi. Suram. Entah sudah berapa generasi laba-laba yang membuat sarang tak terhitung di setiap sudut plafondnya. Etalasenya penuh berantakan. Tua, entah sudah berapa tahun berada di sana. Tapi empunya tau pasti dimana letak setiap barang yg akan diambilnya.

Camera 360  Camera 360

Foto-foto entah cetakan tahun berapa dgn wajah-wajah yg mungkin sekarang sudah berusia berapa tahun lebih tua terpajang di dinding. Hampir penuh, hingga mungkin tak ada tempat untuk foto-foto baru. Hanya beberapa, satu atau dua yg mungkin dibuat setahun terakhir. Beberapa foto diri pemilik studio ini bahkan ikut terpajang di kaca etalase. Senang melihat dirinya sendiri mungkin.

Camera 360

Camera 360

Di depan, 4 buah komputer berjajar dan 1 buah printer tergeletak diatas rak yg hampir tak layak pakai. Mereka jg tak mau tertinggal era fotografi digital. Sebuah ruang kaca yg tak luas, di dalamnya dihuni beberapa karyawan dgn beberapa mesin dan komputer. Dan lagi-lagi masih berantakan.

Camera 360

Pemiliknya, orang-orang memanggilnya Fafi. Tua, etnis tionghoa. Ramah sekali. Kacamatanya menggantung di ujung hidungnya. Kumis dan jenggotnya didominasi warna putih. Mirip pendekar di film2 China. Sebuah topi bulat gepeng selalu bertengger di kepalanya. Aku membayangkan puluhan topi semacam ini dgn berbagai motif dan warna tersimpan di lemarinya. Koleksi pribadi mungkin.

Di depan studio, tak kalah berantakannya. Pasar Kebayoran Lama. Pedagang jam tangan, pisau, helm, tas, kacamata, hingga sate padang ada di sana. Jalanan becek sekali siang itu, Jakarta kembali diguyur hujan setelah 3 hari air mencoba surut. Baunya bercampur-camput. Antara ikan, tanah basah atau tengiknya sampah yg tercecer bercampur air. Riuhnya suara motor, orang-orang berteriak, bel sepeda hingga suara bebek terdengar dari studio ini. Keramaian khas pasar. Fly over di atas daerah ini seakan menjadi atap bersama para pencari nafkah di sini.

Camera 360

Foto Istimewa. Nama studio itu masih tertulis di samping logo perusahaan kamera dari Jepang. Lusuh, warnanya tak lagi putih. Hampir 2 jam d sana, entah berapa orang yg sudah keluar masuk studio ini. Pelanggan tetap mungkin. Ramai. Fafi jg sibuk kesana kemari, sibuk berbicara dgn telpon genggam yg menempel di telinganya.

Camera 360

Studio tua ini mungkin sudah legendaris, berbisnis d dunia fotografi sejak masih jaman analog hingga digital. Dan bagi salah satu komunitas fotografi toycam di Jakarta, studio ini sudah sangat dikenal. Tempat rujukan mencari rol film atau mencuci scan. Dari sejak kualitas bagus hingga kualitas pas pasan saat fotografi analog mulai memudar saat ini. Selembar foto berisi wajah-wajah anggota komunitas ini terpampang di kaca studio ini. Di sebelahnya, terpajang foto berderet deret kamera mainan milik mereka.

Semoga Foto Istimewa tetap menjadi istimewa dihati pecinta fotografi. Entah analog entah digital. Semoga sukses Fafi. Dan jangan rapikan tempatmu jika itu membuatmu bingung mencari barang-barangmu.

Author:

dreamer. strange. different.

3 thoughts on “Tuesday’s take a walk : Foto Istimewa

  1. ngutak ngatik blognya mimin, tiba” ketemu sama kamera recesky. minat banget nih sama kameranya, kalo boleh tau dapetnya dimana n harganya berapa ya?? ribet ga ngerakitnya? thx..

    1. hai, itu dapet udah lama bgt. 2 tahun yg lalu beli online
      sekarang masih banyak sih yg jual online. search aja. kalo cari yg jual offline baru susah
      ngerakitnya sih gampang sebenernya, yg agak tricky cuma bagian shutternya aja
      tapi udah banyak jg ko video tutorial cara ngerakitnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s