Posted in just write, me and camera

How to Hack Bulb Mode in Recesky

Banyak yang nanya sama saya, “Recesky bisa di bulb ga sih ?”. Emang kalo baca spesifikasi dan susunan partnya, Recesky ga bisa dibulb kaya temennya si Blackbird Fly. Ya kalo dibandingin, Recesky bakal keliatan minim. Ga ada masking, ga ada bulb mode. Satu-satunya nilai plus ( plus banget menurut saya ) ya di focusingnya yang wow ! banget hehe

Setelah searching kesana kemari, saya nemuin foto-foto light trail yang pake Recesky. Ini berarti Recesky bisa diajak main bulb. Penasaran, saya cari video tutorial gimana biar si Recesky saya bisa punya bulb mode. Beberapa video cukup jelas nunjukin caranya walau saya ga ngerti bahasanya ( bahasa cina sih ahaha ) dan lumayan sulit mempraktekkan karena saya ga bisa ngeliat cara kerja shutternya di dalam ( kamera udah kerakit ).  Selesai test roll, di roll kedua saya nyobain bulb mode manual, dan voila ! ternyata berhasil. Kuncinya butuh ‘perasaan’ dan jam terbang biar kebiasa make cara ini buat dapet bulb mode hehehe😀

Ketiga foto diatas saya ambil pake Recesky. Paling kiri, saya ambil indoor, cahaya lampu, film asa 100, bulb 4 detik. Foto yang tengah, cityscape ini saya ambil pake film asa 200, bulb 10 detik. Dan paling kanan, slow speed ombak tepian Suramadu ini saya ambil pake film asa 100, cahaya sunrise, bulb sekitar 30 detik.

Oke, sekarang saya bagi2 ilmu gimana ngakalin bulb mode di Recesky. Pertama, rakit aja kamera Recesky sesuai petunjuknya. Ga ada yang perlu dipasang begini atau begitu, bahkan ngubah partnya secara permanen. Yang perlu dilakuin buat nge-bulb pake Recesky cuma ngakalin cara nekan shutternya aja.

 shutter bulb mode

Nah, gambar diatas adalah posisi shutter Recesky saat bulb mode. Perhatikan ketiga part yang mendukung kerja shutter di sebelah atas lubang diafragma. Ketiga part ini ada per-nya masing-masing, dan buat yang udah ngerasain ngerakit pasti tau peran masing-masing part diatas. Part paling kanan, ada hubungannya sama tombol shutter diluar. Dan dipart inilah yang kita akalin biar kita bisa nge-bulb pake Recesky.

Cara kerjanya, part ini bakal mendorong part yang ditengah saat tombol shutter ditekan. Dan saat part yang ditengah terdorong, dia bakal mendorong part yang paling kiri. Part paling kiri ini yang bakal buka – nutup sepersekian detik buat masukin cahaya. Logikanya, kalo part yg buka – nutup  ini bisa ditahan biar ngebuka terus, jadilah bulb mode di kamera Recesky.

Jadi, ini yang mesti kita lakuin biar shutternya ngebuka terus..

Step 1

Ada beberapa yang beda antara versi recesky baru dan lama. Untuk recesky baru ( kaya gambar diatas ), saya menekan full tombol shutternya, sampai terdengar bunyi klik, trus ditahan. Part paling kanan bakal ada di posisi seperti gambar di atas. Tapi mungkin ini bakal ga valid, karena recesky baru banyak yang partnya beda-beda hehhehe

Untuk recesky lama,  tekan tombol shutter sampe setengah posisi full. Jangan sampe terdengar bunyi klik ( kalo full ditekan bakal terdengar klik ). Kalo udah terdengar bunyi klik berarti shutter udah balik lagi ke posisi awal ( nutup ). Tepatnya sih posisi setengah ini pas sebelum bunyi klik terdengar ( perlu pake perasaan banget nih, hehhehe ).

Step 2

 

Dari posisi ditahan tadi, pelan-pelan balikin posisi shutter ke posisi awal ( ini kudu pelan banget hehhe ). Perhatikan posisi part yang paling kanan. Kalo udah di posisi kaya gini, kita tinggal nahan tombol shutternya aja.

Untuk Recesky lama sama aja. Dari setengah posisi full tadi, posisi part paling kanan juga bakal jadi ‘nyangkut’ kaya gini. Dan kita jadi bisa ngontrol gerak part paling kiri dengan nahan tombol shutternya.

Step 3

Sama kaya step 2, kita tinggal balikin tombol shutter ke posisi awal pelan – pelan banget sambil setengah ditahan.

Step 4

At least, tahan tombol shutter saat shutter ngebuka maksimal kaya gambar diatas. Tahan seberapa lama kalian mau. 2 detik, 10 detik, bahkan sampe beberapa menit juga bisa. Kalo udah cukup nge-bulbnya, tinggal lepas aja tombol shutternya biar kembali ke posisi awal. Done😀

Minusnya, karena ga bisa pake shutter release alias manual pake tangan sendiri, nahan tombol shutter ini butuh konsentrasi juga. Selain biar kamera ga goyang juga biar ga ‘lepas’ trus shutternya nutup.

Di Recesky baru kaya gambar di atas, bukaan diafragmanya ga bisa maksimal sampe lingkaran bisa utuh kebuka ( bener – bener lingkaran ) karena sebagian part shutternya nutupin bukaan diafragma. Jadi mungkin hasilnya bakal ada area gelap di sisi sebelah kiri. Beda dengan Recesky lama, bukaan diafragmanya bakal kebuka nyaris full satu lingkaran penuh. Jadi ga ada area gelap di foto kecuali emang posisi shutternya ga kebuka maksimal.

Yang perlu diperhatiin sekali lagi, ini harus pelan – pelan banget. Kalo engga, part paling kanan bakal balik ke posisi normal dan ga bisa nahan posisi part yang ditengah buat nahan part yang paling kiri biar ga nutup.

Sedikit tips daripada roll kebakar sia-sia. Saat udah nemu objek yang mau difoto, atur fokus dan framingnya dulu, pilih permukaan yang rata buat naruh kameranya biar ga shake, atau kalo ada tripod juga lebih oke. Kalo udah mantep, tutup lensa bawah pake telapak tangan dulu trus atur shutternya dulu sampe di posisi bulb. Baru kalo shutter udah di posisi bulb, tahan tombol shutternya, buka lensanya. Tahan selama yang kalian mau, kalo udah cukup baru lepas tombol shutternya biar kembali ke posisi normal. Dengan cara ini, hasil foto bakal lebih clean ( ga ada area gelap karena lama masuknya cahaya di tiap area beda – beda ngikutin gerak shutternya ).

Silahkan coba cara ini dengan Recesky masing-masing. Emang harus bener – bener dirasain kapan ‘nyangkutnya’ shutter. Dan harus pelan – pelan, sekali lagi pelan – pelan ( diulang biar keliatan pentingnya gitu hehehe ) biar shutternya bisa ketahan. Emang kayanya susah, tapi kalo udah sering dicoba, cara ini ga susah ko, dan nantinya bakal hafal sendiri timing ‘nyangkutnya’ shutter di kamera masing-masing.

 Recesky – 1 minute bulb mode | sunrise light | proplus 100

hasil lain Recesky boleh main2 ke FLICKR

Selamat mencoba😀

Author:

dreamer. strange. different.

14 thoughts on “How to Hack Bulb Mode in Recesky

  1. sis mau nanya dong, dan minta pertolongan nih, klo shuter-nya patah (bagian dalam shutternya patah. kalo dari gambar ini yang paling kanan yang setengah lingkaran itu lho) bisa di perbaiaki ga sis? ataw bisa di akalin gtu?

    1. wah susah deh bro kalo yg patah itu
      masalahnya itu ukurannya kecil banget, kalomau dilem-pun ga bakal sekuat itu jadinya
      soalnya ukurannya kan emang tipis
      kayanya nasibny bakal sama kaya saya, beli baru hehhehe

  2. sis mau nanya dong. ko di view findernya susah fokus yah. ane puter dikit-dikit kaya yang ga berubah aja (blur terus). klo masangin lensanya sih klo menrut manual buk uda bener. gmna yah sih?

  3. ati2 aja beli kamera recesky sekarang
    banyak klonengannya masalahnya
    recesky aja bajakannya gakkenflex, eh ini dibajak lg
    ya gitu deh jadinya ehhehheee

    dapet d kaskus bukan ?
    kalo beli d kaskus, cari yg harga sekitar 200rb. itu lensanya fokus biasanya
    kalo yg harga 150rb biasanya yg abal2 aja,
    lensanya ga fokus gitu hehhee

  4. mbak, mau tanya …

    kalau mau foto kaya gitu, senter.nya harus di puter” bolak-balik ta?
    muternya harus cepet apa lambat ??
    (masi newbie aq, baru punya recesky soal.nya)

    1. pake kembang api itu. ya diputer ngebentuk angka 8, biasa aja muternya ga usah cepet2 jg gapapa. tinggal ditahan aja ntar shutternya.
      selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s