Posted in just write, me and camera

Old Recesky vs New Recesky

Beberapa waktu yang lalu, saya dipaksa kehilangan mood memotret saya. Salah satu lensa toycam kesayangan saya, recesky, hilang. Entah bagaimana kronologis pastinya, yang jelas saya kehilangan lensa bawah DIY TLR saya ini. Padahal belum lama saya mengganti tampilannya, from zebra skin to wood skin. Sedih iya pastinya, mood memotret hilang. Recesky kesayangan dengan roll yang masih tersisa beberapa frame hanya menjadi pajangan di kamar saya karena jelas tak dapat digunakan untuk memotret. TLR tanpa 1 lensa akan kehilangan esensinya sebagai kamera ( hallah ahaha ).

Recesky with DIY zebra skin

Recesky with DIY wood skin

Selama hampir 2 minggu saya berhenti memotret, kamera yang lain enggan saya sentuh. Hingga akhirnya kemarin saya mendapat pengganti recesky saya yang kehilangan salah satu lensanya. Ada beberapa yang berbeda antara recesky yang lama dan yang baru. Dari tampilan luarnya saja, kardus box recesky yang lama dan yang baru berbeda.

Recesky old box

Recesky new box

Tak sabar segera merakit recesky yang baru, saya langsung membuka kardus box recesky baru ini. Ternyata ada yang berbeda lagi. Susunan box tempat part, berbeda dengan yang lama. Bagi seseorang yang sudah pernah merakit kamera ini, mungkin ini bukan masalah. Tapi bagi seseorang yang baru akan merakit untuk pertama kalinya, ditambah tidak bisa membaca tulisan dengan huruf china, ini akan menyusahkan. Buku petunjuk merakit masih berdasarkan susunan box part yang lama. Di buku petunjuk ini, dijelaskan lengkap dengan gambar, part A berada di box sebelah A. Jadi bagi seseorang yang tidak bisa membaca tulisan dengan huruf china, untuk merakit tinggal mengambil part yang dimaksud di box part yang sudah dijelaskan pada buku petunjuk, lalu merakitnya sesuai petunjuk.

Ini akan menjadi kesulitan bagi seseorang yang baru pertama kali merakit recesky karena keterangan dan bentuk tempat part di buku petunjuk, berbeda dengan bentuk box tempat part yang baru. Tetapi masih bisa diatasi dengan lebih teliti menyamakan bentuk part dengan gambar lalu mencarinya di box part yang baru.

 

atas : box part lama – bawah : box part baru

Ada tambahan di recesky keluaran baru ini, yaitu obeng. Obeng yang disediakan sudah sesuai dengan ukuran baut yang digunakan.

Potongan part recesky keluaran baru ini tidak serapi potongan part recesky keluaran lama. Beberapa bagian harus saya ‘haluskan’ dengan cutter agar potongan – potongan part bisa pas saat disatukan. Terakhir, saat saya menyatukan keempat sisi recesky dan memasang sisi bagian atas, saya sangat kesulitan. Karena memang keempat sisi ini tidak bisa pas saat disatukan. Saya harus sedikit ‘memaksa’ agar bagian atas ini dapat terpasang dengan benar. Dan setelah saya memasang ulir lensa, akhirnya jadilah recesky baru saya😀

Saya sudah semangat akan memasang roll untuk mengetesnya dan saya mengurungkan niat saat saya mencoba mengintip viewfinder . Saya mencoba memutar ulirnya untuk memfokuskan gambar, tapi ternyata saya tidak mendapat fokus. Saya mencoba memasang lensa recesky lama saya di sebelah atas, dan setelah saya lihat di viewfinder, fokus bisa normal seperti biasa. Saya mencoba satu lensa lainnya dari recesky yang baru dan memasangnya di atas, mencoba memfokuskan melalui viewfinder. Dan ternyata lensa baru lainnya tetap tidak bisa memfokuskan gambar. Yap, kedua lensa dari recesky baru ini tidak dapat memfokuskan gambar dengan benar sehingga yang terlihat di viewfinder blur sekali.

Dengan recesky yang lama, saya mencoba memotret menggunakan lensa dari recesky yang baru. Saya memasang lensa baru di bawah, sedangkan lensa lama saya pasang di atas agar saya dapat memfokuskan objek di viewfinder. Tetapi saya pesimis hasil dari test lensa ini akan jernih seperti biasanya. Logikanya, jika mencoba melihat dari viewfinder saja lensa tidak dapat memfokuskan objek, maka hasil akan blur karena lensa tidak dapat memfokuskan gambar di film. Dan setelah saya menghabiskan 2 frame terakhir dari roll recesky lama, inilah hasil tes lensa dari recesky baru.

 

Hasilnya sangat blur sekali. Walau terlihat fokus di viewfinder ( dengan lensa lama ), gambar tetap tidak dapat fokus di film karena lensa yang meneruskan dari objek ke film tidak dapat memfokuskan gambar.

Disini saya melihat beberapa perbedaan recesky lama ( produksi lama ) dan recesky yang baru saya beli ( produksi baru ). Saya tidak tau apakah semua recesky produksi baru akan mengalami masalah yang sama. Tapi 2 orang teman saya yang lain mengalami masalah yang sama dari recesky barunya. Bahkan pernah ada seseorang yang menanyakan masalah part plastik transparan di viewfinder kepada saya. Dia tidak mendapatkan part tersebut, dan sebagai gantinya dia mendapat 2 cermin reflektor.

Perbedaan recesky lama dan recesky baru :

  • Tampilan kemasan box  luar
  • Box tempat part recesky ( recesky lama masih sesuai dengan buku petunjuk, sedangkan recesky baru berbeda dengan buku petunjuk )
  • Potongan part recesky lama lebih rapi daripada recesky baru
  • Bahan part recesky baru lebih tipis daripada yg lama, sehingga recesky yang baru sedikit lebih ringan daripada recesky lama
  • Proses penyatuan part recesky baru lebih sulit karena potongan part tidak rapi dan tidak presisi
  • Lensa dari recesky baru tidak dapat memfokuskan gambar sehingga hasil gambar akan blur.
  • Ulir tempat lensa sangat ringan diputar. Bagi saya, ini tidak nyaman karena fokus akan mudah bergeser. Saya lebih nyaman dengan ulir lensa yang lebih ‘seret’ karena fokus tidak mudah bergeser. Mungkin ini masih biasa diatasi dengan memasang isolasi/selotip agar ulir bisa lebih ‘seret’
  • Tombol shutter recesky lama lebih ‘halus’ daripada recesky baru. Mungkin ini efek dari susunan part recesky baru yang tidak se-presisi recesky lama

Sekali lagi, saya tidak tau apakah semua recesky produksi baru akan mengalami masalah yang sama. Kualitas recesky produksi baru menurun jika dibandingkan dengan recesky produksi lama. Tapi saya pikir, masalah seperti bahan part, tingkat presisi bentuk part ataupun bentuk box tempat part masih bisa diatasi dan tidak mengganggu performa recesky. Hanya saja lensa yang tidak dapat memfokuskan objek ini yang menjadi masalah. Kamera tanpa lensa yang dapat memfokuskan dari objek ke film atau viewfinder membuat kamera menjadi  ‘cacat. Dan buat saya, ini sangat mengganggu performa bahkan mematikan performa kamera itu sendiri.

Author:

dreamer. strange. different.

43 thoughts on “Old Recesky vs New Recesky

  1. ya ga gitu jg sih maksudnya, saya ini tetep berjuang cari recesky yg beres ( bahasanya berlebihan ya ahahaha ). ga mau kembali motret sebelum ketemu kamera ini lg, terlanjur sayang😦

    ga semua produsen ko bikinannya asal. setau saya produsen lama, yg awal, jg masih ada dan masih bikin. kalo mau aman ya cari produksi lama, hehhehe
    untungnya seller tempat saya beli recesky kuning ini bersedia menukar produknya, dibalikin deh akhirnya. ditukar yg beres. ini saya sedang menanti penggantinya. semoga sehat2 saja😀

    sedikit saran sih, sebelum deal sama sellernya, minta rikues dulu kalo misal nanti paket yg diterima ada missing part/lensanya bermasalah, boleh minta dituker. gitu aja,
    selebihnya ga masalah ko menurut saya, masih bisa normal buat motret😀

  2. halo kak, kebetulan nih saya jg punya recesky…baru punya lebih tepatnya
    hehehehehehh
    btw, mw nanya nih, saya blum selesai ngerakitnya, karena ada satu hal yg jadi ganjalan
    soal shutter nya…pas di bagian lubang buletnya itu, emangnya kebuka terus yaa??
    maksudnya saat tidak digunakan…
    jadi pas kita mencet tuas shutter nya, baru dia akan menutup dan membuka seperti awal tadi

    apakah seperti itu ‘default’ nya atw saya yg salah
    heheheheh

    soalnya saya pikir kan kalo lubangnya terbuka terus (meski saat tidak digunakan), maka film yg ada di dalamnya akan merekam cahaya yg masuk secara terus menerus…. 😀

    kira2 gimana kak??
    terima kasih sebelumnya…..

    salam kenal,
    -eko-

    1. halo juga, salam kenal
      normalnya sih itu ketutup. jadi pas tombol shutter dipencet baru lubang itu kebuka
      kalo itu kebuka terus, bakal kebakar pasti filmnya

      ngerakit shutternya sudah sesuai petunjukkah ?
      kalo ngikutin gambar yg di buku petunjuk buat ngerakit bagian shutternya emang rada ngebingungin sih
      coba dilepas semua yg bagian shutternya, cari video tutorial pasang shutternya ( youtube banyak ko ), trus pasang ulang lg
      ntar kalo tetep ga bisa, berarti ada yg salah dengan bentuk partnya. tp kira2, menurut saya sih, ada yg salah sama masang shutternya aja itu mah
      dulu saya jg kesulitan masangnya, tp abis liat tutorial yg video baru jelas masang per sama partnya😀

      1. hohohoho….padahal udah ngikutin petunjuk di buku manualnya lho
        -__-‘

        okei deh, saya coba gugling dulu pideo nya aja kalo gitu….
        hohohohoo tengkiu yak 😀

    1. apdeeeeeetttt…hehehehhe
      akhirnya udah berhasil normal….tp setelah bodinya kepasang semua, eror lagi seperti yg saya bilang sebelumnya…… -___-”
      tp kadang berhasil normal jg sih
      hehehehehh

      makin penasaran uy….hahahahahh 😀

  3. erornya d shutter lg ? hmm mungkin ‘kedesak’ part lain kali ya
    karena tingkat presisinya beda makanya jd pada seret partnya

    coba aja d test roll dulu, kalo berhasil lanjut aja
    kalo banyak frame yg eror coba bongkar lg aja
    selamat mencoba😀

  4. ga mau nutup lg malah bisa jadi bulb mode tuh hehhehe
    berarti gini aja bro kalo mau motret,
    focusing sama framing dulu, kalo udah dapet jgn langsung dipencet shutternya
    tutup pake telapak tangan dulu lensa bawahnya, baru pencet
    test dulu sampe lancar shutternya dgn posisi lensa tertutup tangan, jadi film ga kebakar
    kalo udah enak baru pencet shutternya tanpa ditutup lensanya,
    *susah jelasinnya, tp paham kan ya ? hehhe

  5. hooo….paham-paham…soalnya sempet kepikiran cara begitu….tp kayaknya rada ribet yak
    hahahahah
    malah sempet mw bikin tutup lensa gitu, jadi abis jepret, langsung tutup lagi….hehehehh jadi berasa pake kamera lubang jarum…. 😀

    iya bisa mode bulb, tp kalo siang bolong yaaa…..gitu deh…hahahahhahah :p

    btw tengkiu yak penjelasan2nya…heheheh 😀

  6. ya emang gitu caranya, tutup pake tangan dulu biar aman
    kemaren2 gue motret d bulb mode jg pasti pake cara itu ko
    tutup pake tangan dulu, set k bulb mode dulu shutternya
    kalo udah dapet kebuka shutternya baru lepas tangannya, kalo udah cukup tinggal lepas shutternya hehhehe
    siang bolong, indoor, butuh bulb mode loh. itu yg still-life make recesky di bulb semua 2-3 detik ko😀

  7. hi salam kenal kak🙂
    aku juga baru aja punya recesky
    tanya-tanya boleh yah..
    aku baru aja isi film di recesky ku, yang dua knob diluar itu untuk muter roll film nya kan yah k?

    1. iyap,
      jadi abis jepret, puter knop yg atas sampe panah indikator ( yg lingkaran d tengah ) muter setengah lingkaran
      gitu aja terus sampe rolnya abis
      kalo udah abis, diputer udah mentok, puter knob yg bawah buat ngegulung balik rolnya
      done😀

  8. hoooo begituu… tapi kok knob yang buat muter roll nya itu kayanya agak kendor ya… jadi sering muter2 knob itu terus menerus…

  9. haloo, salam kenal, saya ingin nanya, kalo buat motret kan ada mainin twist platenya. itu maksudnya gimana ya? hehe maklum masih newbie, terimakasih😀

  10. bedanya recesky yang baru sama yang lama, lao dipake lebih bagusan yang mana ya? terus kialau recesky yang abal-abal sama yang bagus bedainnya gima yaa? terima kasih hehe🙂

  11. kalo lensanya ga ngeblur ya sama aja, kalo lensanya dapet yg ga ngeblur ya sama aja
    bedainnya coba baca tulisan ane diatas pelan2 lg gan, semua udah ditulis d ata ko hehhe

  12. Salam kenal, bisa kasih info nggak dimana seller kamera Recesky yg benar? Sm harga di pasarannya brp ya, klo boleh tau? Soalnya saya baru beli & kayaknya model yg lama krn diliat dr tampilan dusnya. Setelah sy rakit tnyt ada maslh di bag.part shutter, salah satu lubang untuk masang bautnya longgar jd nggak bs di kencengin, sm tempat lensa yg ada dua, dua2nya seret banget klo diputer. Apa emang gitu?. Nggak ada p’janjian lg sm sellernya u/ tuker barang klo ada mslh😦

    1. kalo seller yg bener ga ada rekomen nih. temn yg kmrn jual udah ga jual lagi soalnya.
      kalo pasaran harga, setau sya nih yg lensanya bener dijual 200rb. kalo yg lensanya eror dijual 150rb.

      kalo seret, coba ulirnya diamplas dikit bro. sampe enak diputernua. tp jgn banyak2, kalo terlalu longgar muternya jadi ga enak jg focusingnya soalnya🙂

  13. salam kenal sist,
    aku baru selesai ngrakit nih recesky tapi problemnya di counternya , itu kok kadang suka miss yaa kalau knob yang atas diputer ? jadi counternya suka nggak muter gitu , kayaknya film rollnya kurang tight jadi nggak ngait ke gear yang ada di dalem , tau cara ngakalinnya nggak ?🙂
    oh iya itu skinnya templatenya boleh minta nggak sist , thanks yaaa😀

    1. recesky awal pasang film emang gitu. kaya kendor Dan takut ga nyangkut kan? pernah gitu jg beberapa kali. tapi setelah develop aman ko bro hasilnya, jadi ga masalah🙂
      kalo mau yakin ga lepas, lipat dulu ujung lidah filmnya, 2-3 sprocket holes baru deh disangkutin k counternya. lebih aman ga lepas kalo gitu

      ini file skin masih dicari lagi nih bro, kebetulan ada planning mau jual jg nih. lagi nyiapin pattern. ditunggu ya😉

      1. iya sist jadi kalo muter mau pindah frame si counternya nggak muter jadi bingung deh ini udah ngelewat satu frame apa belum atau mungkin udah kelewat banyak hahahaha
        oke sist nanti dicoba , thanks sarannya🙂

  14. Sorry mau tanya lagi maaf merepotkan hehehe klo dua huruf inisial di tutupan view finder itu apa disemua kamera recesky ada ya? Saya dapet yg polos, apa itu suatu tanda keasliannya. Terima kasih banyak🙂

    1. so far logonya ga pasti sih ya. beberapa recesky yg lensanya bener yg aku temuin ga mesti punya logo yg sama sih. kadang malah ga ada logonya. makanya kalo dari logo mungkin agak susah ya bedain itu yg lensanya bener atau engga.

  15. permisiii!!! maaf ganggu. saya jadi beli recesky nya. gaada problem pas ngerakit sampe pas masang kedua lensanya. agak susah, tapi akhirnya bisa diputer sampe paling dalem. tapi pas diputer2 ko agak susah ya? atau emang agak keras muternya?? ato harusnya engga? mungkin ga kalo lensaya dikeluarin lagi trus dipasang lagi?? maaf nih banyak tanya… makasih!

  16. mbak, saya penjual recesky baru hehe.
    costumer saya udah berhasil ngerakit receskynya, cuma dia bilang shutternya gak kebuka trus per yang tengah gak nyangkut. itu kenapa ya? saya sendiri belum nyoba ngerakit soalnya. mohon bantuannya yaa makasih🙂

    1. halo ini yg mention d twitter ya? kirain ngerakit sendiri itu :))
      itu sih si customer yg salah pasang kayanya. emang bagian shutter itu tricky bgt, kalo salah posisi atau kebalik bisa ga nyangkut. banyak kok video tutorial masang shutternya d YouTube. searching aja mungkin bisa membantu pasang ulang shutternya

  17. iyaa yang di twitter😀
    saya sekarang punyanya yg old recesky, belum sempet dirakit siih, susah bgt nyarinya dan akhirnya dapet minggu lalu di bandung.
    udah berhasil ko yang waktu itu, sekarang ada lagi nih jadi shutternya ga bisa ceklak-ceklek itu gimana ya? hehe makasih🙂

Leave a Reply

