Posted in just write, me and camera

Holiday to Papuma Beach

Lebaran tahun ini saya menyempatkan diri untuk berlibur sejenak sebelum kembali ke rutinitas kantor di Surabaya. Berhubung saya merayakan Idul Fitri di Jember, saya tertarik untuk mengunjungi sebuah pantai bernama Tanjung Papuma. Pantai yang terhitung belum lama dikenal ini berada di sebelah Pantai Watu Ulo, di daerah selatan Kabupaten Jember. Bersama adik dan sepupu, saya berangkat menuju pantai ini pagi hari. Berbekal Canon Eos 1100D, Holga 135 dan Recesky, saya berniat merekam detik di pantai ini sebagai bahan belajar memotret landscape.

Menuju ke pantai ini, saya melewati jalan dengan deretan pohon jati yang meranggas. Mata saya dimanjakan dengan view yg cantik ini. Merasa seakan ditempat asing dan jauh dari keramaian, saya berhenti sejenak untuk mengambil beberapa foto di sini. Saya menghabiskan waktu beberapa lama untuk menunggu saat dimana tidak ada motor atau mobil yg melintas di satu-satunya jalan menuju Papuma ini untuk mendapat beberapa foto yg saya inginkan.

Melewati jalan ini, kami berhenti di pertigaan tempat pembelian tiket masuk. Dari pertigaan ini, jika kita berbelok ke kiri, kita akan menuju pantai Watu Ulo. Dan jika kita berbelok ke kanan, kita akan menuju pantai Tanjung Papuma. Saya berbelok ke kanan dan langsung dihadapkan pada jalan menanjak dengan kemiringan hampir 40 derajat, curam sekali. Beberapa sepeda motor bahkan menurunkan penumpangnya untuk sampai ke atas daripada mengambil resiko terjatuh. Beberapa penjaga siap membantu di pinggir tanjakan jika tiba-tiba ada pengendara yang kesulitan untuk melalui tanjakan ini. Melewati tanjakan ini, saya berhenti sejenak. Terpana dengan pemandangan Tanjung Papuma dari atas, saya mengambil beberapa foto dari spot ini.

Melanjutkan perjalanan, saya menuju ke Tanjung Papuma yg tidak jauh lagi. Setelah parkir, saya mulai berjalan menyusuri pantai. Tanjung Papuma sedang ramai, libur lebaran dimanfaatkan banyak orang untuk berwisata keluarga. Cukup sulit untuk memotret landscape tanpa hadirnya sosok manusia. Tapi tak mungkin juga saya mengusir orang-orang demi satu atau dua jepretan saya. hahaha

Matahari sedang sangat terik dan kesalahan bagi saya karena salah membawa roll film ber-asa 200. Beberapa roll film ber-asa 100 tertinggal di Surabaya. Jadilah saya tak banyak memotret menggunakan toycam didaerah terbuka yg sangat terik untuk menghindari over. Saya lebih memilih menggunakan kamera digital di area yg terik. Di area yang sedikit teduh, baru saya bermain dengan toycam saya.

Saya mengalami sedikit masalah dengan toycam Recesky saya disini. Setelah reload film, saya merasa film tak terpasang dengan tepat. Khawatir tidak tergulung dengan tepat dan framing tiap jepretan akan rusak, saya menggulung lagi film yg sudah berjalan 2 frame lalu memasangnya lagi. Berhubung Recesky tak memiliki fitur shutter count, satu frame menjadi korban multiple exposure. Setelah memasang ulang, saya merasa masih belum yakin film akan tergulung normal. Tetapi saya memutuskan meneruskan saja dan menerima resiko framing yg menumpuk jika memang terjadi, akan membuang waktu jika saya terlalu berkutat dengan roll film. Untungnya setelah proses cuci scan, hanya 1 frame yg menjadi korban multiple exposure. Frame lain aman dan tak mengalami masalah.😀

Di sudut Tanjung Papuma ini juga terdapat klenteng. Saya lupa nama klenteng ini, tapi klenteng ini terbuka bagi pengunjung yang ingin sembahyang. Setelah meminta ijin untuk masuk, saya mengambil beberapa foto di bagian luar klenteng.

Yg menarik di sini, beberapa perahu milik nelayan terlihat mengapung di tepi pantai saat tidak digunakan. Beberapa perahu juga diletakkan di tepi pantai, dan saat pasang malam hari tiba, nelayan akan mendorong perahunya ke tengah laut dan mulai melaut. Pantai Papuma sendiri merupakan jenis pantai yg tidak landai, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan bermain terlalu jauh dari bibir pantai.

Menjelang tengah hari, panas semakin terik. Saya memutuskan untuk pulang. Dilain kesempatan, saya berpikir untuk mencari sunrise atau sunset di sini. Semoga liburan tahun depan saya ada kesempatan untuk kembali berburu view di sini😀

Author:

dreamer. strange. different.

7 thoughts on “Holiday to Papuma Beach

1. salam kenal kak..
    kak, mau tanya. saya newbie fotografer. belum bisa dikatakan fotografer sih.. soalnya masih belajar.
    kamera saya canon 1100D.
    kalau kakak ada waktu, mau gga bikin postingan tentang tips n trik menggunakan kamera itu? kan kebetulan kamera kita sama.
    hehe..
    makasih kak..

2. Hai beity, salam kenal juga😀
    sama2 newbie ko kita, saya jg masih sangat butuh belajar fotografi hehe
    itu canon 1100Dnya kebetulan punya kakak, pas lg nganggur saya ajakin aja jalan2 k papuma, hehhehe
    sebenernya saya sendiri jarang make canon, lebih sering make nikon kalo belajar digital. masalah kebiasaan aja sih menurut saya mau pake canon atau nikon. basicly tapi tetep sama ko.
    kalo udah sering pake canon, setting ini itu pas mau motret jg pasti cepet, kembali pada kebiasaan😀
    daripada ntar sayanya salah kasih tips & tricknya karena saya jarang pake canon, mending searching artikel2, e-magz atau blog yg khusus bahas masalah gadget semacam kamera digital. disitu pasti lebih lengkap dan bener pastinya ( daripada penjelasan saya pastinya hihi )
    mungkin beberapa link ini bisa membantu..
    http://canont3tips.com/ atau link ini http://digitalphotographytrend.com/18/canon-eos-1100d-review/#more-18
    selamat belajaar🙂

3. makasih kak linknya..

oya, aku banyak belajar dr foto2nya kakak yg di fesbuk. hehe..
    maaf juga, aku pernah download foto2 kakak tapi ggabilang:(
    buat belajar.. maaf banget ya kak..

4. sama2..🙂
    gapapa ko, syukur kalo jepretan saya bisa bantu belajar. belajar sama2 kita hehhehe
    mampir k flickr saya jg boleh ko, ada jepretan2 saya yg lain d situ
    sapa tau bisa bantu belajar lg