Posted in just write

Pengalaman Kerja itu…

Menjelang siang hari tadi, saya sedikit terlibat pembicaran tentang pengalaman kerja dengan seorang teman kerja yg sudah senior di kantor.
Membuka obrolan dia bertanya, “Rencana mau lama kerja di sini ?”
“Ga tau juga pak hahaha”, saya tertawa menjawabnya, dan memang saya benar-benar belum tau.
Si bapak heran, “loh, sallary udah cocok kan ?”
“wah pak.. kalo masalah sallary, lebih banyak di tempat kerja sebelumnya daripada gaji awal di sini pak hehe”, saya berkata jujur.
Si bapak tambah heran, “nah.. terus ngapain pindah ke sini ? udah enakan di sana kan berarti ?”
Saya juga ikut heran sekarang, “pak, saya kerja itu tujuan utamanya bukan uang. Salah besar. Tujuan utama saya cari ilmu, cari pengalaman kerja.”
Si bapak mulai mendebat, “Ya jangan gitu ngomongnya, ga suka saya. Kita kerja itu ya tujuannya cari duit. Kita dikasih kesempatan buat kerja, terus buat apa lagi ? Cari duit kan ? Duitnya ya buat hidup. Jangan terlalu berani coba-coba cari pengalaman lah. Iya kalau pengalamannya menghasilkan. Kalau ga ??”
“Pak, saya perempuan. Ayah saya tak mendidik anak wanitanya untuk bekerja mati-matian hanya untuk uang. Mencari uang itu nanti, kewajiban suami. Istri itu dedikasinya untuk keluarga, bukan untuk uang. Saya sekarang bekerja ya buat bantu nabung. Dan ya tadi pak.. cari pengalaman, cari ilmu sebanyak-banyaknya. Itu lebih berharga daripada uang”, saya menjelaskan panjang lebar.

Obrolan sejenak itu kemudian berakhir. Dan saya sedikit belajar lagi hari ini. Mungkin bagi laki-laki, kerja itu ya untuk cari duit, itu prioritasnya. Walaupun mungkin jg ini tak berlaku untuk semua orang. Tapi buat saya, uang tak pernah jadi prioritas, sama sekali. Ilmu dan pengalaman itu menu utamanya. Uang atau gaji itu hanya efeknya. Saya tak mau bekerja hanya karena uang.

Dulu sebelum saya kuliah, saya berpikir saya tak mau dapat nilai bagus hanya karena agar ip saya bagus dan bisa gampang cari kerja. Bukankah itu hanya ( lagi-lagi ) berujung pada uang ?
Jadi bagi saya, nilai bagus itu cuma efek karena saya sungguh-sungguh mencari ilmu, memahami apa yg saya pelajari. Masalah nanti nilai bagus, dan syukurlah gampang cari kerja adalah bonus dari usaha saya.
Semester 3 saya mulai bekerja part time. Alasannya ? Pengen tau rasanya kerja, pengen punya banyak teman yg beda jurusan dan beda kampus, gaji yg tak seberapa bukan prioritas. Efek baiknya, saya bisa mengurangi permintaan uang bulanan saya pada orang tua.Saya tak ingin merepotkan.
Sejak semester 6, saya bekerja menjadi asisten dosen di kampus. Alasannya, saya tau mau ilmu yg saya dapat hanya untuk saya simpan sendiri. Berbagi itu menyenangkan. Dan mengajar itu berbagi ilmu. Ilmu yg bermanfaat itu amal yg tak terputus walau nanti saya sudah mati. Jadi bonusnya tak hanya uang untuk saya tabung, tapi juga amal untuk tabungan akhirat.
Semester 8 saya juga merasakan menjadi librarian di kampus selama 6 bulan. Alasannya, agar bisa lebih dekat dengan buku tentunya. Karena saya harus berjuang satu semester penuh untuk tugas akhir. Dan perpustakaan adalah gudangnya buku. Gaji memang tak seberapa, tapi ilmu yg saya dapat sangat banyak, dan mudah dicari.

Hingga sekarang, pemikiran itu tetap saya pegang saat saya bekerja lebih serius di sebuah perusahaan developer. Gaji itu tetap bukan prioritas. Saya mencari ilmu dan pengalaman, seperti apa bekerja yg lebih serius di sebuah perusahaan dan bagaimana sebuah developer bekerja. Tentunya saya ingin agar ilmu arsitektur yg saya dapatkan selama di bangku kuliah bisa saya terapkan di sini, sebagai seorang arsitek tentunya. Sesuai cita-cita saya..

Ayah saya mengajarkan bahwa ilmu dan pengalaman itu jauh lebih berharga daripada uang.Β Dan itu yg akan tetap saya pegang sampai kapanpun..

Bagaimana dengan kalian ? Apapun alasannya, lakukan semua dengan sungguh-sungguh. Itu caranya agar kita tak merugi apapun..

Author:

dreamer. strange. different.

One thought on “Pengalaman Kerja itu…

Leave a Reply

