Photo Walk to Suramadu

Jembatan Suramadu, siapa yg tak tau? semenjak saya pindah ke Surabaya dan lebih mendalami hobi fotografi analog, Suramadu jadi objek yg tak pernah membosankan. Sudah beberapa kali saya menyambut fajar di sini dengan hasil yg selalu berbeda.

Kali pertama ke sini, minggu kedua bulan Oktober 2011, saya masih ‘buta’. Belum mengenal baik spot, saya tak banyak memotret. Si holga dipake dan jadilah saya cuma bermodal recesky. Tetapi saya terlalu siang. Beruntungnya, bulan itu air pantai akan surut saat pagi dan saya bertemu perahu nelayan yang seakan siap menjadi objek. Tak mudah untuk mendekati objek ini. Sekitar 50 meter dari pinggir jalan, tp pasir pantai dan air adalah kombinasi yg tepat untuk berusaha lebih saat berjalan. Berat. Tapi usaha berat tentu menghasilkan hasil yg tak mengecewakan bukan? ;)

Tak puas, satu minggu setelahnya saya kembali. Saya mencoba bermain low-speed ( belajar dari si pacar yg doyan motret landscape ahaha ). Berbekal recesky ( si holga masih dipinjem ahaha ), langit cerah dan gradasi warna di ufuk timur sangat cantik. Walau recesky tak punya bulb mode, tak mematahkan semangat untuk menahan tombol shutter recesky sekitar 1 menit demi foto low-speed yg saya inginkan – hallah.

Februari 2012, saya kembali ke Suramadu. Langit sedang mendung. Sunrise tertutup kabut. Ufuk timur pucat. Akhirnya saya tak banyak memotret, hanya beberapa jepretan film hitam putih. Merekam mereka yg juga menyambut pagi di Suramadu.

Juni 2012 saya kembali keempat kalinya. Datang lebih pagi karena saya ingin mengambil view jembatan Suramadu dengan lampunya yg masih menyala. Kembali sedikit bermain low-speed dan menikmati munculnya golden hour dgn secangkir milo hangat pagi itu.

Leave a Reply

